Kasus Overheating di Macbook Kembali Terjadi

Belakangan ini, kasus-kasus baru terkait dengan panas yang berlebihan atau overheating pada Macbook dan Macbook Pro kembali mencuat ke permukaan. Dari sejumlah laporan yang masuk, overheating terjadi setelah para pengguna menginstall Snow Leopard.

Masalah overheating pada dasarnya dapat menimpa notebook jenis apapun, baik itu PC ataupun Mac. Banyak faktor yang menyebabkan proses overheating ini. Arsitektur notebook yang kurang baik, sistem pendinginan yang gagal, serta bermacam faktor lainnya dapat menjadi sumber permasalahan. Pada kasus Macbook dan Macbook Pro, tampaknya banyak pengguna yang mengeluh naiknya suhu rata-rata terjadi setelah Snow Leopard diiinstall.

Masalah yang terjadi hampir mirip antara user satu dengan yang lainnya, suhu Macbook bertambah panas setelah masuk ke dalam sistem Snow Leopard. Kipas sistem akan berjalan lebih cepat melebihi batasan normal. Dari beberapa diskusi, penyebab spesifik dari permasalahan ini belum ditemukan. Ada yang beranggapan bahwa ini adalah permasalahan pada aplikasi flash, walau tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa ini terkait dengan Snow Leopard sendiri. Pengguna mengharapkan problem seperti ini dapat dipecahkan pada Snow Leopard versi 10.6.2.

Apple secara resmi belum memberikan konfirmasi mengenai masalah ini, walau posting pengguna yang melaporkan hal ini semakin hari semakin banyak.

Untuk sementara waktu, Chris Barylick dari PowerPage.org memberikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan overheating ini:

* Pastikan program-program Anda telah kompatibel dengan Snow Leopard. Beberapa user mengakui setelah mengupdate program-program mereka ke versi terbaru yang telah mendukung Snow Leopard menyelesaikan masalah ini. Pengguna dapat membuka Activity Monitor dan memerhatikan proses yang berjalan di background. Jika proses-proses tersebut tidak kompatibel dengan Snow Leopard ada kemungkinan proses tersebut menjadi penyebab overheating.
* Jika masih ragu, dan Macbook Anda masih dalam garansi AppleCare, bawalah Macbook tersebut ke Apple Store atau Apple Authorized Reseller terdekat.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman