Yuk, Kirim SMS Ke Luar Angkasa

Dalam rangka Pekan Sains Nasional Australia dan Tahun Astronomi Internasional, satu kegiatan fantastis diluncurkan hari ini di Canberra. Sebuah situs mempublikasikan kepada pengguna internet sedunia yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat antargalaksi.

Seperti diberitakan Reuters, mulai hari Rabu (12/8) ini sampai tanggal 24 Agustus 2009, publik bisa menuliskan pesan singkat yang layaknya SMS, maksimal bisa diisi sebanyak 160 karakter. Seluruh SMS ditampung di Canberra Deep Space Communication Complex, pusat penelitian luar angkasa yang didukung NASA. Kemudian pesan-pesan ini akan ditransmisikan ke Gliese 581d, sebuah planet-mirip-Bumi terdekat yang berada di luar tata surya kita. Tujuan penerimanya? Tentu saja makhluk angkasa luar, itupun jika ada.

Namun jangan terlalu berharap langsung mendapatkan balasan. Bahkan sebetulnya, pesan kita pun belum tentu terdengar. Apalagi jangka waktu pengiriman sebuah pesan diperkirakan memakan waktu 20 tahun.

Juru bicara proyek ini, Wilson da Silva, berkata, "Hal terpenting bukan sampai atau tidaknya pesan kita ke alien, bukan pula menunggu respon mereka. Kegiatan ini layaknya menghanyutkan 'pesan di dalam botol' ke lautan lepas. Kita tak tahu apakah pesan kita akan ada yang membaca." Menurut Wilson, makna utama yang terkandung ialah berkembangnya ilmu pengetahuan dan sains mampu membuat hal mustahil menjadi nyata. "Kita sudah bisa mendaratkan manusia di bulan. Kini kita mampu mengirim pesan sampai ke luar galaksi kita," tambahnya.

Tertarik? Silakan kunjungi HelloFromEarth.net. Daftarkan SMS Anda dalam antrean dan jangan lupa mengisi identitas. Dua puluh tahun mendatang, coba cek situs ini lagi. Siapa tahu, pesan balasan sudah menanti.

Salam,

PC info.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman