Telebit QZ1001

Horeee…. Beli netbook dapat DVD drive. Memang jarang ditemui netbook yang memberikan langsung DVD Drive dalam paket penjualannya. Untuk promosi netbook terbaru keluaran Telebit ini, disertakan juga DVD drive pada setiap paket penjualan-nya. Tetapi sayang, DVD drive ini masih berupa eksternal. Jadi, agak menyulitkan untuk dibawa-bawa. Meskipun begitu, DVD drive ini kecil dan tipis, jadi dapat diselipkan di dalam tas Anda.


(Untuk menyaingi produk-produk netbook yang lain, dalam paket penjualan netbook ini, Telebit memberikan sebuah DVD drive eksternal. Tetapi sayang, untuk kinerja yang optimal, DVD drive tersebut membutuhkan 2 port USB. Satu untuk power, dan yang satu untuk data.)

Keuntungan lain dari DVD drive external ini adalah dapat mem-backup data. Melihat fisiknya, tutup luar persegi panjang cover-nya dilapisi warna krom yang mengilat pada ujung-ujung pembuka layar, yang menandakan kekokohan netbook ini pada desain-nya. Daya tarik lain-nya, terdapat pada klik kiri dan klik kanan mouse yang dihias dengan warna chrom pula. Warna chrom juga terdapat pada kamera dan terpasang juga pada lingkaran sisi kiri dan kanan engsel netbook agar bisa lebih praktis dibuka-tutup.

Sebagai netbook yang mendukung processor Intel Atom N270 Telebit juga tak mau ketinggalan dengan produk vendor yang lain. Vendor ini pun mengikuti tren pasar dengan menggunakan kapasitas hard disk sebesar 160 GB. Sementara untuk membantu kinerja prosesor-nya, Telebit menggunakan RAM sebesar 1 GB. Selain itu, untuk memudahkan melihat spesifikasi hardware apa saja di dalamnya. Telebit juga sudah menyiapkan tempelan sticker yang terlihat jelas di sebelah kana mouse-nya. Misalnya terdapat fasilitas WiFi dan card reader.

Yang unik dibandingkan netbook lain-nya, Telebit memiliki dua speaker internal tetapi dipasang berjauhan, yaitu pada ujung kiri dan ujung sebelah kanan. Sementara bagian sisi kiri-nya dipenuhi oleh bermacam-macam port, mulai dari 3 USB yang berjajar rapi sampai tempat untuk kabel power. Lain hal-nya bila melihat sisi sebelah kanan, terlihat kosong dan sengaja diberi ruang untuk lubang celah-celah aliran udara yang berfungsi untuk mendinginkan netbook ini.

Telebit QZ1001 memang berbeda dari netbook yang lain. Menambahkan DVD drive external, perangkat ini bisa dilepas-pasang melalui dua port USB (data dan power daya). Jika tidak diperlukan DVD drive ini bisa ditinggal di rumah untuk meringankan beban bawaan. Ini akan meningkatkan kenyamanan dan idealnya sebuah netbook dan bisa memangkas biaya pembelian optical drive (DVD). Akan lebih baik lagi bila Telebit memperbesar daya baterai-nya sehingga bisa dipakai lebih lama lagi bila berada di luar rumah dan bisa menghemat waktu pengisi ulang baterai.

2 Comments

  • 9 Maret 2012 pukul 19.03 | Permalink

    tau download drivernya ga?

  • 24 Maret 2012 pukul 17.00 | Permalink

    Untuk drivernya bisa langsung kunjungi link ini mba~ Terima kasih sudah mampir... ^^
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3969810

  • Leave a Reply

    Total Tayangan Halaman