Sistem Keamanan Facebook Diragukan

Para peneliti keamanan dunia kembali memperingatkan pengguna internet bahwa informasi pribadi mungkin dalam bahaya dan sebaiknya dijauhkan dari internet. Muncul informasi bahwa situs jejaring social terpopuler saat ini yaitu Facebook, memiliki celah yang memungkinkan hacker mengakses informasi profil yang berharga dari 200 juta lebih penggunanya. Menurut pengamatan para ahli keamanan dunia, data yang dapat diambil termasuk data pribadi dan bisa digunakan untuk melakukan pemalsuan identitas. Pembuat blog FBHive.com menemukan cara yang mudah untuk memperlihatkan apapun yang dicantumkan pada panel “Basic Information” setiap pengguna Facebook. Bahkan meskipun informasi ini telah disembunyikan oleh pengguna menggunakan setting pengamanan situs tersebut.

Dengan memanfaatkan celah keamanan, FBHive berhasil mengakses informasi personal anggota Facebook, seperti CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pendiri Digg, Kevin Rose, serta blogger ternama Cory Doctorow.

Facebook telah menyadari dan memperbaiki celah keamanan ini, tapi tetap saja mengetahui bahwa ternyata ada celah keamanan. Apalagi yang dapat berpotensi membahayakan jutaan pengguna Facebook, yang mengira bahwa informasi mereka aman tentu tidak mengenakkan.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman