Gateaway 3G LT2010n

Pasar netbook memang dahsyat. Sampai saat ini tercatat lebih dari 15 merek tersedia di pasaran. Karena begitu ramai-nya persaingan, penting untuk tampil beda dengan memberikan fasilitas extra. Inilah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa kini banyak netbook yang dilengkapi dengan modem seluler yang terintegrasi. Tujuannya jelas, agar pengguna netbook bisa terus terkoneksi di mana saja mereka berada. Itu juga terjadi dengan Getaway 3G terbaru ini. Dibalik baterai-nya, netbook ini memiliki slot modem GSM kelas 3,5G buatan Qualcomm.


(Netbook seri LT dari Getaway ini sudah terintegrasi oleh modem seluler)
Namun tidak seperti netbook lain, ada tombol untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi ini. keberadaan tombol di sini depan tersebut terasa berguna karena memudahkan kita saat memilih jalur ke internet, apakah lewat modem atau WiFi.

Untuk membantu kerja modem tersebut, Gateaway menyediakan aplikasi 3G Connection Manager. Aplikasi ini menyediakan berbagai profil akses data untuk berbafai negara, namun untuk Indonesia hanya tersedian IM3 dan Telkomsel. Jadi untuk menggunakan kartu lain, Anda harus tahu profil masing-masing layanan. Di luar fasilitas modem 3G, netbook ini menyediakan koneksi WiFi, Bluetooth, dan Ethernet. Sementara di sisi kiri dan kanan terdapat port USB (3), slot kartu memori, VGA, dan audio in/out. Di sisi layar terdapat webcam dan microphone yang cukup bagus dalam kualitas suara dan gambar. Casing netbook seharga Rp 5,6 juta ini cukup oke. Warna merah marun berbahan glossy yang menyelimuti tubuh-nya membuat-nya terlihat gaya. Apalagi, netbook ini memiliki desai yang tipis (sekitar 3,2 cm pada kondisi tertutup) dan bobot Cuma 1,8 kg.

Namun bobot ringan identik dengan ukuran baterai yang kecil, dan itu pun berlaku di netbook ini. ketika saya cek, kapasitas baterai yang digunakan hanya sebesar 2200 mAh. Hal ini langsung terlihat pada pengujian durasi baterai. Jika netbook lain bisa mencapai nyaris 3 jam untuk menonton film HD, netbook ini kurang dari 2 jam. Itu juga berlaku untuk ukuran keyboard yang mini. Ukuran tombol utama sebenarnya cukup besar (16x15 mm), namun ukuran tombol FN dan navigasi-nya Cuma sekitar 14x9 mm. Ditambah jarak antar tombol yang Cuma 1-2 mm, cukup sulit mencapai kecepatan ketik standar saya.

Saya selalu menyukai konsep mobile working dan netbook seperti Gateaway LT2010n adalah saran mewujudkan konsep tersebut. Tinggal menyalakan notebook, aktifkan moden, dan kita pun bisa langsung terhubung ke internet kapan dan di mana saja. Konsep ini berpadu dengan desan Gateaway LT2010n yang ringan dan mudah dibawa-bawa. Sayang, kapasitas baterai yang kecil tidak memungkinkan netbook ini lama-lama jauh dari sumber listrik. Sementara di sisi harga, Rp 5,6 juta termasuk kompetitif disbanding netbook bermodem lain, namun masih lebih tinggi disbanding membeli netbook polos dan modem 3,5G eksternal.

Spesifikasi Gateaway 3G LT2010n

Processor Intel Atom N270 (1,6 GHz, L2 512KB Cache, FSB 400 MHz)
Memori 1 GB DDR2-667 (1 slot)
Chipset Mobile Intel i945GSE
Kartu Grafis Intel GMA 950 (onboard)
Harddisk 160 GB, 5400 rpm, SATA
Optical Drive Tidak ada
Fasilitas WiFi a/g/n, Bluetooth, Modem 3G, Ethernet, cardreader, USB 2.0 (x3, webcam 1,3MP, port VGA, jack audio.

Layar 10,1 inci, resolusi 1024 x 600 piksel
Audio card Realtek ALC 272
Sistem Operasi Windows XP Home Edition
Baterai 2200 mAh
Dimensi 25,9x18,9x(2,8-3,2) cm
Bobot 1,13 kg
Garansi 1 tahun
Situs Web id.gateaway.com
Harga kisaran* Rp 5,6 jut

*harga sewaktu-waktu dapat berubah. Info mengenai harga dapat dilihat di situs resmi.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman