Cellphone can get a virus?

Maaf setelah sekian lama blog ini terbengkalai. Dikarenakan koneksi internet saya yang byarr peett.... *tendang modem ke tong sampah*

Okay, kali ini saya akan membahas tentang apakah sebuah HP (handphone) bisa terkena virus? Dan jawabannya adalah.... BISA!

Beberapa tahun silam, saya dan sahabat saya (kita sebut saja dia Nanako) pergi ke sebuah Mall paling besar di Cirebon. Dan pada saat itu, temen saya kebetulan ingin membeli screen guard (bukan untuk antigores, tapi lebih ditujukan untuk privasi) dan mampirlah kita ke sebuah counter hp. Di sana, saya cuma duduk dan diam saja. Ujung-ujungnya malah bengong. Dan karena harga yang tidak sesuai dengan kantong Nanako, akhirnya dia mengurungkan niatnya membeli screen guard tersebut.
Lalu dia tanya pada seorang penjaga counter, waktu itu penjaganya seorang pemuda.

"Mas, ada antivirus buat hape gak?" dan masnya menjawab,
"Gak ada de, kan kalo hape mah gak bisa kena virus."
Dalam hati, masnya sok tahu banget. Pabriknya ajah gak bisa nge-jamin kalau hp produk mereka kebal terhadap virus.
"Oh ya udah mas, makasih." jawab Nanako dan akhirnya kita pergi dari counter hp tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, tepatnya sekarang, saya baru ingat lagi kejadian itu setelah saya otak-atik Hp saya. Dan saya udah tanya ke om Google, dan memang benar HP bisa terkena virus (ditambah pengalaman pegawai saya yang hapenya terkenal malware pengirim sms Horoscope) tapi, virusnya tergantung dari OS si HP sendiri.

Contoh: kalau hp Anda menggunakan OS Symbian, maka itu akan lebih mudah terkena Virus. Karena hp yang menggunakan OS Symbian sudah bisa digolongkan Smartphone, jadi tentu saja, banyak fitur-fitur yang harus menggunakan internet. Sementara gudangnya virus adalah, Internet. Virusnya bisa bermacam-macam, mulai dari Trojan, hingga malware-malware penyedot pulsa. Trojan HP berbeda dengan Trojan pada desktop. Trojan di sini menyerang sistem internal OSnya dan membuat hp sering nge blank, atau error, atau freeze. PBStealer, Virus beseko, Cabir, Locknut, Comwarior, Skulss, Doomboot, Appdisabler, Cardtrap, RommWar adalah sebagian dari jenis-jenis virus yang lebih banyak menyerang HP ber-OS Symbian versi 60, 1st Edition, maupun yang 2nd Editionnya, ketimbang OS lain (bukan berarti OS lain lebih aman dari pada OS Symbian).

Nah, pertanyaannya, apa gejala ponsel bervirus? Kalau hp Anda blank, bukan berarti hp Anda ada virusnya, bisa saja hp Anda secara tidak sengaja jatuh, terkenal keringat (yang masuk ke baterai dan terjadi konsleting) tercelup air, atau mungkin processornya tidak mampu memproses data yang masuk secara berlebihan.

Dan ini adalah gejala HP yang Positive terkena virus:
1.Tanpa kita aktifkan atau sepengetahuan, koneksitifitas Bluetooth akan aktif. Ini akan membuat ponsel mengirimkan file bervirus ke ponsel lainnya yang koneksi Bluetoothnya aktif atau terdeteksi.

2. Selain Bluetooth, ponsel akan mengirimkan MMS secara acak ke daftar nomor di ponsel. Jikalau gejala ini tidak diketahui secara awal, maka pulsa akan cepat habis.

3. Pada beberapa ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat apakah ponsel sudah positif terkena virus atau tidak. Tekan tombol menu di ponsel Nokia yang menggunakan Symbian, jika muncul aplikasi dalam keadaan aktif bernama Cabir atau Cabire, itu berarti ponsel Anda sudah positif terkena virus.

4. Baterai jadi tidak normal, jika sebelumnya dalam kondisi stand by bisa bertahan 2-3 hari, namun jikalau sudah terkena virus ponsel hanya bisa bertahan dalam keadaan stand by hingga 1 hari saja.

5. Tidak bisa booting sama sekali.

6. Sering merestart sendiri.

7. Beberapa file menjadi rusak.

8. Aplikasi-aplikasi di ponsel Malfungsi.

9. Ada beberapa fungsi tombol jadi rusak.

10. Tombol power jadi tidak bisa berfungsi.

11. Beberapa virus ada juga yang menampilkan di tampilan layar.

12. Loading jadi agak lama.

13. Akses ke ponsel agak lambat

Dan semoga HP Anda tidak mengalami gejala-gejala seperti di atas. Artikel selanjutnya akan membahas tentang cara menghapus Virus yang bercokol di HP Anda. Selamat beraktifitas... ^^

2 Comments

  • 11 Januari 2011 pukul 12.45 | Permalink

    Wedewww....hape saia yang dulu banget :p
    Nah, my question is..kalo hape kita udah kena virus, cara 'nyembuhin' nya gimana ya?selain cara di format tentu sajaa...kan sayang kalau harus kehilangan data setiap kali handphone kena virus :D

  • 11 Januari 2011 pukul 15.06 | Permalink

    Ada softwarenya Elle, namanya TaskSpy. Jadi software itu ngeliat proses-proses apa ajah yang sedang dijalankan di hape kita. Nah kalo ada yang mencurigakan bisa langsung di kill threadnya. Lebih lengkapnya ada di post saya yang baru.. ^^

  • Leave a Reply

    Total Tayangan Halaman