SSD Murah dari Intel

Perangkat Solid-state drives (SSD) masih mahal. Masalah tersebut yang membuat para pengguna komputer masih belum mau berpindah ke sistem penyimpanan SSD. Menyadari hal tersebut, Intel berusaha menghadirkan solusi SSD murah melalui Intel X25-V Value SATA SSD. Dipatok di harga $125, drive dengan kapasitas 40 gigabyte (GB) ini ditargetkan untuk menjangkau segmen netbook dan desktop dengan dual drive/boot drive.


Konfigurasi X25-V SSD pada desktop dengan sistem dual drive dirasa cukup mudah. Intel menjelaskan kalau pengguna hanya perlu menambahkan SSD ini di desktop dengan HDD yang sudah terpasang. SSD tersebut kemudian di-load ke operating system.

Pengguna dapat mempertahankan HDD yang telah ada sebagai media penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih tinggi. Sistem komputer akan dapat memanfaatkan kinerja hampir empat kali lebih cepat dibandingkan HDD 7200RPM. Feature ini biasa disebut sebagai “boot” drive. Kecepatan proses SSD didapatkan dari struktur tubuhnya yang tidak menggunakan piringan yang berputar.

Intel X25-V memiliki flash memory NAND 43nm sebesar 40GB yang dilengkapi dengan Memory volatile. SSD ini juga dapat menyimpan data pada saat tombol power dimatikan. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi
seperti smartphone, pemutar musik pribadi, dan kartu memory.

Intel X25-V 40GB melengkapi jajaran produk Intel X25-M Mainstream SATA SSD yang menawarkan kapasitas 80GB and 160GB. Semua SSD Intel dirancang dan diproduksi Intel dengan menggunakan flash memory NAND dari IM Flash Technologies (IMFT). X25-V dijual dengan harga $125. SSD ini telah tersedia sebanyak 1,000 unit dan sudah siap untuk didistribusikan ke seluruh penjuru dunia.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman