Tablet Di COMPUTEX 2013

Ini adalah hari terakhir COMPUTEX 2013 yang digelar di Taipei, Taiwan. Nah, sebagai hari terakhir, kita penasaran, produk apa aja nih yang ada di COMPUTEX? Okay, mari kita mulai dulu dari produk-produk tablet.


Markilat :D


SpeedUp Pad

Tablet berukuran 7,85 inch berbasis Android ini diperkenalkan di ajang COMPUTEX tahun ini. Tablet ini menggunakan Android Jelly Bean (v4.2.1) dengan ketebalan 7,9 mm dan berat 300 gram. Ukuran layarnya 7,85 inci IPS dengan resolusi high definition (HD) 1024 x 768. Dilengkapi juga dengan kamera belakang sebesar 5MP dan depan 2MP, prosesornya juga sudah tinggi, quad core dari Qualcomm Snapdragon MSM8225Q 1,2GHz dan MTK 8389. Kapasitas RAM juga sudah lumayan, yaitu 1 GB dan kapasitas internal sebesar 8GB. SpeedUp Pad juga mendukung jaringan nirkabel (wireless) 3G, termasuk HSPA 7,2 MBPS dan CDMA EVDO Rev. A (sayang bukan Rev B). Kapasitas baterenya juga cukup besar, 4000 Mah yang diklaim bisa bertahan seharian. Nah, ini 'bertahan seharian' itu pemakaian normal atau bermain game?? :/ 

Soal harga, belum diketahui, tapi yang pasti SpeedUp Pad bisa dibeli di bulan agustus 2013 di negara-negara ini: Indonesia, Spanyol, Belgia, Jerman, Dubai, Srilanka, India, Amerika Serikat, Timor Leste dan Hong Kong, oh iya setiap negara memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Mungkin perbedaannya ada di prosesor, karena pilihan prosesornya ada 2: Qualcomm dan MTK. 
Dengan ukuran 7,85 inci, tablet tertipis dan teringan ini dilengkapi dengan SpeedUp Studio. "Kami bangga menjadikan SpeedUp sebagai produk dan layanan asal Indonesia yang mampu berkompetisi di ajang internasional," imbuhnya (Rahmad Widjaya Sakti, Vice President Produk dan Pemasaran di SpeedUp Technology).
*Info lebih lanjut silahkan ke  http://www.speedup.co.id/global

Asus Transformer Book Trio

Pasti yang satu ini dikenal banyak orang. Kata-kata 'Transformer' masih dipakai di Tablet 2 OS ini. Tu-tunggu, 2 OS? Yap... Tablet ini adalah tablet pertama (untuk sekarang) yang menggunakan 2 OS, Android dan Windows 8. Transformer Book Trio sebenarnya mirip dengan Transformer Book, tapi perbedaannya ada dilayar yang berukuran 11,6 inchi dan ber resolusi full HD (1080p). 

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah, hotkey, yang memungkinkan kita (pengguna) untuk pindah OS dengan satu klik (misal dari Win 8 ke Andro atau Andro ke Win8) Tapi untuk pindah dari Andro ke Win8 Transformer Book Trio harus dipasangkan ke docknya dulu. 

Nah yang menarik lagi itu, prosesor yang digunakan oleh Transformer Book Trio ada 2. Aku gak tahu apa ke 2 prosesor ini termasuk ke dalam paket penjualan (2 in 1) atau optional (harus milih salah 1) prosesor Intel core i7-4500U untuk Win 8 dan prosesor 2GHz Intel Atom Z2580 untuk Androidnya. Disediakan juga 2 pilihan untuk baterai dan storagenya yaitu 33WH dan 19 WH untuk baterai serta 1 TB untuk HDD di docking dan 64GB di tablet. Nah kalau storage sepertinya itu termasuk dalam paket penjualan (kedua-duanya) karena yang satu untuk docking, yang satu lagi di dalam tablet. :D

*thanks to engadget.com

Toshiba Excite Series
(Pic: Toshiba Excite Pure)
Toshiba juga gak mau kalah dengan mengeluarkan Toshiba Excite Series. Terdiri dari 3 tablet yang hampir mirip, dimulai dari seri paling rendah bernama 'Pure' lalu 'Pro' dan 'Write'. Nah, kalo 'Write' pasti kalian semua bisa bayangin dong Toshiba mau bersaing dengan siapa? :D Yap, Galaxy Note series...

Pure memiliki layar berukuran 10.1 inch, ber resolusi 1280x800 (HD) dan prosesor Tegra 3. Dan RAM 1 GB serta memori internal 16GB, juga disematkan kamera 5 MP sebagai kamera utama. Pure akan hadir 25 juni 2013 dengan harga $299 atau sekitar 2,8 juta rupiah.


(Pic: Toshiba Excite Pro)
Lanjut ke Pro, perbedaan paling mencolok dari Pure adalah prosesornya. Pro menggunakan Tegra 4 untuk dapur pacunya. Dan juga masalah layar, Pro menggunakan layar UHD (2560x1600) dan juga dengan RAM 2 GB dan kapasitas internal 32GB. Kameranya juga sudah bagus, 8MP. Harganya sekitar $499 atau sekitar 4,8 juta, dan tanggal releasenya juga sama dengan Pure, yaitu 25 juni 2013.
(Pic: Toshiba Excite Write) 
Lanjut lagi ke Write. Write ini adalah pesaing terbesar Galaxy Note 10.1. Selain resolusi layar yang lebih tinggi (2560x1600 vs 1280x800), prosesornya pun lebih baru dari Samsung GalNote 10.1. Waktu peluncurannya di COMPUTEX, Toshiba belum menyertaan TruPen (pen bawaannya) dan berjanji akan menyediakannya sesegera mungkin bersamaan dengan update TruNote (mirip dengan S Note). Nah, soal se responsive apa TruPen dan TruNote dari Toshiba, ini ada sedikit quote dari expertreviews.com


The Excite Write's final trick up its sleeve is its digitizer stylus pen, which lets you take notes using the touchscreen. Toshiba has also developed its own TruNote note-taking app to go with it and this is meant to be able to convert your handwriting into typed text. The pen felt very smooth and responsive while we were trying it out, but when we tried converting our note into typed text, we only had partial success.

Lenovo Mix 8
Kita langsung ke Lenovo. Lenovo merilis tablet ukuran 8 inchi dengan OS Windows 8 di COMPUTEX 2013. Perbandingan layarnya 16:10 (agak aneh yah, biasanya 16:9) dan akan mendukung jaringan 3G. Juga untuk aksesorisnya, Lenovo menyiapkan stylus untuk Mix 8. Nah, tampaknya Lenovo lagi mengincar GalNote 8.0 nih. Detil spesifikasi sampai hari ini belum diketahui secara pasti, tapi Lenovo yakin akan membuat para calon konsumen terkesan dengan tabletnya ini. Oh iya, bodynya terbuat dari alumunium, yang pasti nambah keren tabletnya :DNexus 7








Tablet dari Google ini dikabarkan akan mengganti resolusi layarnya dari 1280x800 ke 1920x1200. Dan prosesornya pun akan diganti menjadi Qualcomm Snapdragon S4 Pro menggantikan Quad-core Nvidia Tegra 3. Untuk gambarnya belum ada, baru ada screenshot yang diduga sebagai Nexus 7. Produsennya Asus dan diperkirakan juli baru akan rilis. 

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman