Chrome OS Akhiri Era Virus?

Google menjanjikan “akhiri zaman virus” dengan hadir-nya operating system berbasikan cloud, Chrome OS.



Engineering Director Google, Linus Upson telah menjanjikan kepada pengguna Internet bahwa Chrome OS akan membuat era malware, virus, dan Trojan berakhir. Google menjanjikan hal yang disebut majalah New Scientist sebagai “surga antivirus” pada Chrome OS. Upson menjanjikan arsitektur keamanan tinggi pada Chrome OS agar pengguna tidak direpotkan dengan virus, malware, dan update keamanan. Ironis-nya, Google juga sempat direpotkan dengan celah keamanan pada browser Chrome.

Dua dari celah keamanan yang hadir pada browser Chrome, adalah kode berbahaya pada Chrome tab sandbox dan proses tab dengan memory korup telah diperbaiki. Semua perubahan dan update terbaru dapat dilihat di situs Google Chrome: http://googlechromereleases.blogspot.com/2009/07/stable-beta-update-bug-fixed.html.

Jadi, apakah masa depan cloud computing akan lebih aman dari sistem yang kita gunakan sekarang dimana saat ini kita harus men-download patch keamanan untuk memperbaiki software yang kita gunakan? Menurut Paul Jackson dari Forester Research, men-download update kemanan akan menjadi tren yang ketinggalan jaman pada saat-nya era cloud computing karena update keamanan membutuhkan instalasi untuk memperbaiki software. Sedangkan menurut Rober Caunt, seorang analis dari CCS Insight mengatakan bahwa Google mempunyai pengalaman yang tinggi dalam masalah keamanan spam filter pada Gmail, dan deteksi phising pada search Engine Google merupakan sistem keamanan yang bagus.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman