Review Advance Vivo M14

Di kala liburan, sebagian orang menghabiskan waktunya dengan berfoto-foto yang dijadikan kenang-kenangan. Kebanyakan orang menggunakan fasilitas di handphone mereka untuk dijadikan alat foto. Tentu saja kamera handphone memiliki banyak kelemahan, baik dalam hal pencahayaan maupun dalam hal kemampuan optis. Sebagai alternative, mungkin Anda bisa mencoba minicam berbasis flash yang kini banyak dijual di pasaran seperti halnya seri Vivo M14 dari Advance yang akan saya bahas di sini.

Review Advance Vivo M14

Sebagai sebuah minicam, tentu saja Advance Vivo M14 sudah menjawab kebutuhan sebagai gadget untuk memotret dan merekam video secara instant. Tambahan fasilitas minicam seperti perekam audio, presentasi gambar, e-book viewer, dan pemutar musik tentu saja menjadi pelengkap yang cukup menarik. Dengan kapasitas penyimpanan built-in sebesar 2GB (opsi lain tersedia dalam 4 GB), minicam ini bisa langsung dipakai untuk beraktivitas dan bisa perlu, kapasitas ini masih bisa ditambah dengan kartu memori SD/MMC. Sayangnya, minicam ini belum cukup canggih untuk mengenali perangkat penyimpanan (storage) eksternal berukuran 4GB ke atas seperti SDHC.


Tetapi dibalik kelengkapan fiturnya, tetap saja memiliki kelemahan. Fungsi perekam foto dan video pada Vivo M14 terlihat amat sederhana dengan hanya memakai lensa biasa dan sensor CMOS 1,3 megapixel. Reproduksi gambar yang akan dihasilkan tentu tidak bisa sebagus kamera digital. Meski disebutkan dapat melakukan zoom, fitur ini hanya dapat memperbesar secara digital, itu pun bila pilihan resolusi diatur tidak maksimal. Untungnya, Advance masih mau memberi 7 pilihan efek foto di mana salah satunya (Shade Shot), cukup menarik untuk membuat foto jadi tampak artistik. Fasilitas perekaman video pada Vivo M14 saya golongkan sederhana karena hanya menyediakan sedikit fitur pengolahan gambar bergerak. Sayangnya, meskipun LCD 2,4” yang disediakan bisa diputar untuk menyesuaikan arah pandang perekam, layar ini tidak bisa menampilkan gambar dalam posisi normal secara otomatis ketika LCD diputar menghadap ke depan. Ternyata tombol rotasi di bagian belakang minicam harus ditekan secara manual untuk membalik tampilan LCD ke kondisi normal. Langkah ini jelas tidak praktis. Selain itu, lampu mungil yang awalnya saya kira merupakan blitz atau lampu penerang untuk video ternyata merupakan ornamen penghias saja sehingga tidak memiliki fungsi. Walaupun begitu, minicam ini memiliki fitur yang banyak. Selain dapat memotret dan merekam video, pengguna juga bisa menambahkan permainan baru dari CD yang disertakan (format game yang ada di dalam CD juga kompatibel dengan Nintendo dan GameBoy).

Kelebihan :Kompak dan ringan, banyak fungsi, permainan kompatibel dengan format Nintendo dan GameBoy, harga ekonomis.
Kekurangan :Kualitas foto dan video rendah, fasilitas terbatas, tidak mendukung SDHC, tombol tidak nyaman.

Spesifikasi Advance Vivo M14

Fungsi :Camcorder, kamera, perekam audio, game
Resolusi Foto (min/max) :320x240/1600x1200 pixel
Resolusi Video (min.max) :160x128/320x240 pixel @ 25fps
Tipe Koneksi :USB 1.1, A/V
Kapasitas (internal) :2GB
Zoom :10x digital
Layar :LCD 2,4”
Tipe Baterai/isi ulang :Li-Ion/ Ya
Format foto/video/audio :JPG/AVI-3GP-MP4/MP3-WMA-WAV
Dimensi :10,7x7, 2x2,5 cm
Bobot (tanpa baterai) :118 gram

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman