All About Threads

(Klik untuk memperbesar)
Thread adalah sebuah pengontrol aliran pelaksanaan program dengan menggunakan kendali tunggal. Banyak sistem operasi modern telah memiliki konsep yang dikembangkan agar memungkinkan sebuah proses untuk mengeksekusi multi-threads (beberapa proses). Misalnya secara bersamaan mengetik dan menjalankan pemeriksaan ejaan didalam proses yang sama (check spelling and grammar).

Salah satu kegunaan multithreading pada single processor adalah kemampuan kerja pada foreground (di muka layar) dan pada background (di balik layar) sekaligus di satu aplikasi. Background thread hanya dieksekusi ketika user-level thread yang utama sedang tidak bekerja. Sedangkan foreground thread dieksekusi secara terus-menerus di depan background thread selama processor bekerja.

Notes:
1. Single Processor bisa menjalankan lebih dari satu aliran program *yang tadi di atas disebutkan sebagai Threads* tergantung dari spesifikasi ketika teman-teman membeli processor itu sendiri. *Lihat labelnya... XP*
2. Foreground-Background adalah algoritma yang di jadwalkan untuk meng-kontrol eksekusi beberapa proses pada satu processor. Ini *foreground-background* berdasarkan pada 2 daftar tunggu, yang pertama disebut Foreground *atau yang biasa kita lihat di display* dan yang kedua di sebut Background *di belakang layar*. Semua proses kita *ketikan, dll* diproses dulu di Foreground dan di eksekusi menurut algoritmanya masing-masing, lalu setelah itu *diproses semua* maka berpindahlah ke Background untuk di save atau proses lebih lanjut.
3. User thread normalnya di buat oleh Perpustakaan Threading dan jadwalnya di atur oleh Perpustakaan Threading itu sendiri (yang berjalan di mode User). Semua Threads User di miliki oleh proses yang membuat mereka. Kelebihan dari User Threads adalah kapabilitas mereka yang lebih tinggi karena mereka portabel.
Thank's To: Blog hanifavidya
Atas artikel, inspirasi, dan juga gambarnya~ Thank's. Keep Rock 'n' Roll....

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman