Memory PQI

Pangsa pasar Memory di dunia semakin diramaikan dengan berbagai merk yang tadinya kurang terkenal. Dan sekarang mencoba untuk mengambil perhatian konsumen dengan produk-produk mereka, dan tentu saja, kualitas mereka tidak bisa diremehkan. Bisa dibilang bagus untuk kelasnya dan untuk harga yang ditawarkan.


PQI Memory Super 6 GB Kit. 
Mari kita lihat apakah memori ini memang memiliki kemampuan yang super?

Melihat dari data teknis produk ini, khususnya bagian clock speed, tampaknya produk ini masuk kelas mainstream. Kehadiran headspreader menggugah rasa penasaran saya untuk menguji kemampuan overclocking memori ini.

Pada saat pengujian, memori ini mampu berjalan dengan baik pada kondisi standard, sesuai dengan data teknis yang tertera pada label, yaitu clock speed 1333 Mhz pada CAS latency 9-9-9-24 dan vdimm 1,54 v. Pada saat menggunakan profile 1 (XMP profile), PQI Super Memory mampu berjalan dengan baik pada clock speed 1600 Mhz pada CAS latency 9-9-9-24 dan vdimm 1,54 v.

Sangat disayangkan, memori ini tidak mampu berjalan pada timing yang lebih ketat. Setelah timing diubah ke angka yang lebih rendah, memori ini tidak mampu berjalan, bahkan untuk masuk ke Windows *alias lemot*. Dengan kata lain, memori ini hanya mampu berjalan dengan CAS latency 9-9-9-24, sesuai yang tertera pada label.

Sementara itu, pada pengujian clock speed tertinggi, memori ini mampu berjalan hingga clock speed 1800 Mhz dengan CAS latency 9-9-9-24 dan vdimm sedikit dinaikkan ke angka 1,6 v. Tampaknya penggunaan kata “super” pada penamaan produk ini tidak merefleksikan overclockability-nya.

(Sumber photo: www.chip.co.id)

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman