Rumor 'The Next Generation Apple iPhone'

Setelah banyak orang menemukan kekurangan pada iPhone 5, banyak rumor beredar kalau Apple tengah mempersiapkan lanjutan dari iPhone 5. Apa aja nih rumornya? Cekidot~ XD


1. Pemilihan Nama

Banyak orang mengatakan kalau 'The Next Generation iPhone' akan ditambahkan huruf 'S' (seperti iPhone 4S. 3GS) dan akan menjadi produk revisi dari iPhone 5 (bukan produk yang benar-benar baru). Tapi banyak juga mengatakan kalau iPhone memang akan menggunakan nama iPhon 5S untuk produk murah yang tengah dikembangkan Apple. Sementara iPhone 6 akan diproduksi juga sebagai produk baru dengan mengusung layar yang lebih besar (mungkin 4,5-5 inch) dan akan menjadi phablet pertama Apple. 

2. Desain

Banyak desain yang dipost dalam artikel-artikel luar negeri (engadget misalnya) dan desain-desain berikut dinilai paling memungkinkan kita temui pada generasi iPhone selanjutnya.



a. Desain ini dirumorkan sebagai desain iPhone 6. Dengan layar yang lebih besar daripada iPhone 5 serta pengurangan tombol 'Home'. Tombol volume akan sedikit berubah bentuk, tidak seperti generasi iPhone sebelumnya yang berbentuk bulat.



b. Desain yang ini lebih terkesan kaku daripada generasi iPhone sebelumnya. Di desain yang ini, tombol 'Home' masih disertakan (walaupun banyak rumor kalau Apple akan menghilangkan tombol 'Home' pada iPhone, tapi tidak tahu kalau iPad dan iPad mini). 






c. Desain yang ini mengingatkan kita tentang produk android yang baru-baru ini juga dirilis, HTC One. Dan juga mirip dengan desain Blackberry Z10. Tombol 'Home' sudah hilang disini, dan body alumunium (mungkin bukan murni alumunium) membungkus hampir seluruh bagian dari iPhone. 





d. Mungkin desain ini yang paling aneh menurutku. Apple sudah mematenkan temuan terbarunya mengenai 'Curved Screen' dan sekaligus menggantikan tombol-tombol fisik seperti volume, power button, dan mungkin mute juga. Tapi desainnya kurang eye catching menurutku... :/ 








e. Desain ini dikatakan sebagai desain iPhone versi murah (5S) yang seluruh casingnya menggunakan bahan plastik. Soal warna, iPhone versi murah akan menggunakan susunan warna yang sama seperti iPod Touch. 








3. Spesifikasi

Soal spesifikasi, ini rumor yang paling membingungkan. Ada yang bilang nanti iPhone mau membuat ukuran layar iPhone 5S lebih besar daripada 5. Tapi ada yang bilang iPhone 5S akan sama persis secara fisik dengan iPhone 5, cuma penambahan performa. Tapi ini beberapa spesifikasi yang kemungkinan akan kita temui di iPhone 5S/6.

iPhone standard
- Prosesor: Cortex A7 (ARM Cortex A15-based cores)
- Layar: SHARP IGZO ((Indium Gallium Zinc Oxide) entah berapa resolusinya, kemungkinan besar UHD.
- Memory Internal: 32, 64, dan 128 GB (16 GB sudah tidak diproduk lagi, mulai dari 32GB paling kecil)
- OS: iOS 7.1 
- Kamera: Belakang 12 MP dengan sensor yang lebih baru (atau mungkin sama dengan iPhone 5) dan depan 2 MP
-Material: alumunium (mungkin bukan alumunium murni)
-Warna: hitam, putih

iPhone versi murah
- Processor: 
- Layar: 4 inch (mungkin Retina display)
- Memory Internal: -
- OS: 7.1 (kemungkinan sama dengan versi standard)
- Kamera: -
- Material: plastik super-tipis yang bercampur fiber glass.
- Warna: BIru, merah, putih, hitam, silver (Gak tau soal kuning dan hijau) 

Fitur iPhone versi standard:
1. NFC
2. WIFISlam for Indoor Mapping (sepertinya ini generasi penerus GPS/GPS yang lebih akuran)
3. SIRI (belom pasti SIRI akan dimasukkan kesini, siapa tahu Apple sudah membuat pengganti SIRI yang lebih baik)
4. Smart Bezel


Nah, soal fitur 5S, aku juga gak tau fiturnya nanti akan sama seperti iPhone 5 atau enggak. Yang pasti fiturnya akan lebih sedikit dari versi standardnya.


4. Harga dan Tanggal RIlis

INI... Yang paling simpang siur. Menurut beberapa website, Apple akan memperkenalkan iPhone 5S/6 pada oktober nanti (seperti siklus penggantian iPhone tanpa 'S' dengan iPhone 'S'). Tapi ada juga yang mengatakan kalau Apple akan merilis iPhone versi murah lebih dulu pada bulan Juli/Juni. Sementara iPhone versi standard sekitar bulan agustus atau kemungkinan juga tahun depan. Tapi, banyak juga yang bilang kalau iPhone versi murah dan standard akan sama-sama di rilis bulan juni/juli berbarengan dengan iPad 5 dan iPad Mini 2 dengan Retina DIsplay.

Masalah harga, berikut perkiraannya:
1. 32 GB £529 = Rp 7.744.560 
2. 64 GB £599 = Rp 8.769.360
3. 128 GB £699 = Rp 10.233.360

Mahal ya? iPhone memang dikenal sebagai gadget premium sih. Tapi, kita tunggu aja harga pastinya, atau kalau masih kemahalan juga bisa beli iPhone versi murah (5S). :D

*diperkirakan ini harga iPhone versi standard (bukan versi murah)
*1 pounsterling = Rp 14.640 



Leave a Reply

Total Tayangan Halaman