Blackberry Q5





Setelah kehadiran Blackberry Z10 (dan disusul dengan adiknya, Q10) Blackberry kembali merilis smartphone terbarunya, Q5 (yang dirumorkan bernama R10).

Dari segi bentuk, Q5 sedikit berbeda dengan Q10. Dengan qwerty keyboard ala 'Curve' Q5 memang sengaja didesain untuk menjadi smartphone middle-end (tapi dibawah penerus Onyx nantinya :D). Speknya pun gak jauh berbeda dengan Q10. Untuk prosesor, menggunakan processor yang sama dengan Q10 dan Z10, Qualcomm Snapdragon dual core 1.2 Ghz. Dan untuk resolusi serta ukuran layar, Q5 juga sama dengan Q10, yaitu 3,1 inch, 720x720 pixel, 16 juta warna dengan pixel per inchinya mencapai 328 ppi. 


Dari segi bahan yang dipakai, Q5 menggunakan bahan plastik. Kalau Q10 menggunakan bahan high quality PVD-coated metal dan bertesktur yang dinamai 'Glass Weave'.

Kamera belakang Q5 beresolusi 5 MP dan depan 2 MP. Sementara Q10 belakang 8 MP dan depan 2 MP. Memory internal 8 GB yang bisa di tambah dengan microSD hingga  dan RAMnya sebesar 2 GB, dengan RAM ini semoga gak ada lagi 'jam pasir atau 'jam kotak' pas membuka aplikasi atau pas lagi BBM-an. 

Perbedaannya adalah (selain dari qwerty keyboardnya) panel layar yang menggunakan IPS LCD (seperti iPhone) sementara Q10 menggunakan super AMOLED (seperti Samsung Galaxy Note 2). Kalau diperhatikan layarnya, keduanya mirip, cuma Q10 dikatakan lebih mampu menghasilkan warna hitam yang lebih pekat (deeper black) daripada Q5. 

Oh iya, ada 1 perbedaan signifikan dari Q5 dengan seri Blackberry manapun (bukan hanya Q10 aja) yaitu Q5 mengusung desain baru, alias backdoor (penutup baterai) tidak bisa dilepas. Dengan kata lain, ritual pada BB-ers yang suka hard reset (copot baterai terus pasang lagi) sudah tidak bisa dilakukan di Q5. Dan Q5 dianggap satu-satunya Blackberry yang menggunakan desain ini. 

Baterainya sendiri berjenis Li-Ion dan berkapasitas 2180 MAh. Dari segi warna, Q5 menyediakan 4 warna. Kok 4? Bukannya merah, putih, dan hitam? Ada 1 lagi, yaitu pink! Nah, untuk yang pink ini tidak jelas, apakah limited edition, atau dijual secara massal seperti Bellagio (Onyx 3). Walaupun sebenarnya, merah dengan pink mirip-mirip sih warnanya, tapi ya sudahlah... XD

Soal harga, diperkirakan mulai dari 4 juta-an, lumayan mahal ya? Tapi kalau melihat speknya, worth it juga kok, apalagi para penggemar BB (aku sebut BB-ers XD) yang eksis di BBM. Ini quote dari CEO PT Indosat Tbk, bapak Alexander Rusli soal harga Q5. Terakhir, kapan rilisnya? Sabar, agustus diperkirakan sampai di Indonesia... :3

WowKeren.com - Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar terbesar pengguna BlackBerry. Presiden Direktur dan CEO PT Indosat Tbk, Alexander Rusli, mengungkap kalau handset terbaru Q5 akan mulai dipasarkan di Indonesia, Agustus mendatang. 
"Kami akan ikut memasarkan bundling BlackBerry Q5 pada bulan Agustus mendatang," kata Alexander yang sempat menemui para petinggi di acara BlackBerry Live 2013 di Orlando, Florida, baru-baru ini. "Harganya nanti sekitar Rp 4 jutaan." 

Dan berikut review hands on Blackberry Q5 dari engadget.com langsung dari Blackberry Live, Orlando - Florida, 2013.


N.B:
Z10: Penerus Storm
Q10: Penerus Bold
Q5: Penerus Curve
Tinggal penerus Torch dan penerus Onyx.... :D

*thanks to wowkeren.com
*thanks to engadget.com
*Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00035228.html#ixzz2UQdnt3Jp

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman