Tes Perbandingan Notebook AMD E-350 (APU Brazos)

Pada kesempatan kali ini, saya mau merangkum beberapa Notebook yang menggunakan AMD APU Brazos E-350 sebagai 'otaknya'. Notebook merk apa sajakah yang masuk dalam tes perbandingan kali ini?
Klik pada merk/tipe notebook yang ingin Anda k etahui reviewnya.

N.b: Download juga tabel perbandingan Notebook-notebook yang ada dalam daftar di artikel ini.

Inilah daftarnya!

1. Acer Aspire 4253.


2. Asus EEE PC 1215B


3. Asus K43U





5. Lenovo Thinkpad X120e


6. MSI Wind U270


7. MSI X370 Slim


8. Sony Vaio YB15AG


Dalam Artikel kali ini, saya mau membahas Notebook pada urutan pertama, yaitu Acer Aspire 4253.
Seperti apa performa dari notebook ini? Mari kita simak bersama...

Desain
Tidak seperti pendahulunya yang masih menggunakan desai Gemstone, pada produknya kali ini (Aspire 4253) memiliki desain yang terlihat berbeda. Pada bagian penutup LCD dan palm rest, ditambahkan sedikit motif 'timbul', yang kalau dilihat sepintas mirip dengan Asus EEE Pad Transformer. Mungkin, hal ini juga ikut dipengaruhi dari warna Copper (tembaga) dan motif timbul pada chassis.

Memori dan GPU Yang Rendah
Dibandingkan dengan peserta lainnya, Acer Aspire 4253 hanya menggunakan 1 GB DDR3, ditambah dengan memori GPU yang tergolong rendah, yaitu 256 MB (shared). Kondisi ini berbeda daripada Notebook lainnya dengan memori GPU 384 MB (shared). Sebagai tambahan saja, di BIOS Acer Aspire 4253, tidak ada pengaturan untuk menaikkan kapasitas memori GPU. Nah loh, gimana tuh?

Tentu saja dalam soal performa Acer Aspire 4253 akan terpengaruh akibat memori yang hanya 1 GB saja dan memori GPU yang rendah. Dan itu terbukti pada pengujian SysMark 2007. Acer Aspire 4253 hanya mendapatkan 53 poin saja, yang berarti paling rendah diantara Notebook-notebook yang lainnya. Ditambah lagi, lubang exhaust Notebook ini menghasilkan suara yang berisik ketika tengah diuji. Tetapi, penyertaan bundling Windows 7 Starter Pack Original sebagai paket penjualan membuat keistimewaan tersendiri bagi Notebook ini.

Nantikan Review Notebook-notebook selanjutnya hanya di Al's Blog. Sampai jumpa... ^^

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman