AR Bagian Kedua

AR DI SMARTPHONE
Mungkin kita masih harus menunggu hingga SixthSense benar-benar matang dan dipasarkan. Namun, teknologi AR yang lebih sederhana sudah bisa kita nikmati di Smartphone iPhone dan Smartphone lain yang berbasis Android. Di Belanda, pengguna smartphone bisa men-download aplikasi bernama Layar (www.layar.com) yang menggunakan kamera telepon dan GPS untuk mengumpulkan informasi tentang area sekitar-nya. Layar kemudian menampilkan informasi tempat-tempat menarik, dan meletakkan-nya di atas foto lokasi.

Anda juga bisa mengarahkan smartphone pada sebuah bangunan, dan Layar akan menampilkan informasi tentang perusahaan-perusahaan yang berkantor di gedung tersebut, atau mungkin serangkaian foto bangunan tersebut dari Flickr, serta sejarahnya dari Wikipedia.
Selain Layar, beberapa pengguna, iPhone pernah dikejutkan dengan menemukan “easter egg” AR dalam aplikasi Yelp. Aplikasi ini dikenal sebagai review dari pengguna seputar restaurant dan bisnis lainnya. Komponen AR yang tersembunyi di dalamnya disebut Monocle.

Dengan mengguncang iPhone 3GS tiga kali saat aplikasi Yelp aktif monocle akan aktif. Menggunakan fitur GPS dan Kompas. Monocle akan menampilkan informasi tentang restauran setempat, termasuk rating dan reviewnya di layar Smartphone. Namun, pengguna smartphone di Tanah Air harus bersabar untuk menikmati layanan ini. Seperti kita ketahui, kekurangan konten adalah masalah serius di negeri ini. Apalah guna smartphone yang canggih dan koneki internet yang bagus, tanpa dukungan konten yang memadai?

MILITER DAN KEDOKTERAN
Bidang lain yang terbantu dengan kehadiran AR adalah militer dan kedokteran. Informasi yang tampil di kaca kokpit atau kaca depan helm penerbangan adalah contoh pemanfaatan teknologi AR dalam dunia militer. Tentara AS kini telah dilengkapi dengan kacamata khusus, buatan Arcane Technologies (www.arcane-technologies.com) , dengan fungsi yang sama dengan kacamata Robo Cop.
Dalam dunia kedokteran, AR digunakan dokter untuk mengumpulkan informasi CT scan (Computed Tomography scan) dam MRI (Magnetic Resonance Imaging), yang memberikan gambaran anatomi internal pasien pada saat pembedahan berlangsung.

Informasi Lebih Lanjut:
http://computer.howstuffworks.com/augmented-reality.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_Reality

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman